Kategori : 
Kabar

Cara Mengatur Gaji 3 Jutaan

Gaji 3 jutaan memang nggak besar, tapi dengan pengelolaan yang tepat, kamu tetap bisa hidup nyaman dan tetap punya tabungan. Yuk, kita bahas cara-cara mengatur gaji 3 jutaan biar bisa mencukupi kebutuhan dan bahkan punya sisa untuk ditabung.

Padahal mengatur keuangan gaji 3 juta tidak terlalu sulit. Banyak contoh orang yang sukses menabung dan mengatur keuangan dengan baik, padahal memiliki gaji standar 2 sampai 3 juta rupiah per bulan. Nah, mau tau caranya? Berikut ini beberapa tipsnya.

Cara Mengatur Gaji 3 Jutaan

Cara Mengatur Gaji 3 Jutaan Pertama: Buat Anggaran Bulanan yang Jelas

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat anggaran bulanan. Anggaran ini bakal jadi panduan kamu dalam mengelola pengeluaran. Mulailah dengan mencatat semua pemasukan dan pengeluaran yang wajib, seperti biaya makan, transportasi, tagihan, dan kebutuhan harian lainnya.

Misalnya, dari gaji 3 juta:

  • Biaya makan: Rp 1.000.000
  • Transportasi: Rp 500.000
  • Tagihan (listrik, air, internet): Rp 500.000
  • Kebutuhan harian: Rp 300.000

Dengan anggaran yang jelas, kamu bisa tahu berapa sisa yang bisa dialokasikan untuk tabungan atau keperluan lain.

Gunakan Metode 50/30/20

Metode ini membantu kamu membagi gaji dengan proporsi yang tepat:

  • 50% untuk kebutuhan pokok (makan, transportasi, tagihan).
  • 30% untuk keinginan (hiburan, belanja, makan di luar).
  • 20% untuk tabungan dan investasi.

Dengan metode ini, kamu bisa lebih mudah mengatur pengeluaran tanpa merasa tertekan. Misalnya, dari gaji 3 juta, kamu bisa alokasikan Rp 1.500.000 untuk kebutuhan pokok, Rp 900.000 untuk keinginan, dan Rp 600.000 untuk tabungan.

Cari Penghasilan Tambahan

Kalau merasa gaji 3 juta belum cukup, coba deh cari penghasilan tambahan. Kamu bisa coba kerja freelance, jualan online, atau ikut proyek-proyek sampingan. Misalnya, kamu bisa jadi penulis lepas, buka bisnis kecil-kecilan, atau jualan barang preloved di marketplace. Penghasilan tambahan ini bisa banget bantu kamu menambah pundi-pundi uang dan bikin keuangan kamu lebih stabil.

Menabung

Sederhana memang, tapi tidak banyak orang yang mampu menerapkan poin pertama ini secara konsisten. Kebanyakan hanya semangat di awal lalu menyerah. Bahkan ada yang belum sempat menabung sudah kehabisan uang. Untuk itu, langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan niat dan komitmen yang kuat dalam diri.

Sisihkan Dana Darurat

Selalu ada kemungkinan tak terduga yang bisa terjadi. Untuk itu, selain menabung juga ada dana darurat yang perlu dipersiapkan. Setidaknya endapkan dana darurat yang dapat menopang hidupmu untuk 2 – 3 bulan ke depan. Ini berguna untuk kemungkinan terburuk seperti tertimpa musibah atau PHK. Bedakan antara tabungan dengan dana darurat. Karena dana darurat adalah dana yang bisa dipakai sewaktu-waktu, sedangkan tabungan adalah untuk masa depan.

Investasi

Investasi banyak macamnya, modal kecil hingga ratusan juta bisa untuk investasi. Mulai dari logam mulia, saham, hingga tanah dan bangunan bisa jadi investasi yang baik. Terutama tanah dan bangunan yang harganya tidak pernah turun dan cenderung naik setiap tahun.

Hati-Hati dalam Berbelanja

Banyak orang sering kali kalap ketika sedang membawa uang dan berada di pusat perbelanjaan. Setelah sampai di rumah baru lah ia menyesal. Bukan hanya wanita, laki-laki juga ada yang seperti itu. Untuk itu Anda perlu hati-hati dalam berbelanja.

Pastikan barang yang akan dibeli benar-benar sesuai kebutuhan dan bukan hanya sekadar keinginan semu. Pikirkan matang-matang, karena bisa jadi ada kebutuhan yang lebih penting dari itu.

Untuk menghindari belanja barang yang tidak sesuai kebutuhan, Anda bisa membuat daftar belanja bulanan yang wajib dibeli. Catat semua kebutuhan yang perlu dibeli dan jangan membeli selain kebutuhan yang telah dicatat tadi.

Pakai Moota, Yuk Buruan Daftar!

Tingkatkan Kemampuan Menabung

Setelah mampu menabung dengan konsisten selama beberapa bulan, Anda bisa mulai meningkatkan nominal yang ditabung setiap bulan. Jika biasanya menabung 500 ribu per bulan, coba tingkatkan menjadi 700 atau bahkan 1 juta per bulan. Semakin Anda konsisten menabung setiap bulan, maka Anda akan terbiasa hidup hemat dan kedepannya menabung akan terasa seperti kebutuhan yang wajib dilakukan.

Jadilah Bendahara untuk Diri Sendiri

Inilah cara terakhir mengatur keuangan 3 juta. tidak lengkap rasanya kalau Anda tidak berlaku layaknya bendahara pribadi. Ini sangat berguna untuk mengontrol setiap uang masuk dan uang keluar. Dengan begitu Anda tidak akan kaget ketika mendapati ternyata uang telah habis sebelum gajian selanjutnya. Sudah pasti ini membuat keuangan menjadi lebih sehat.

Cara Mengatur Gaji 3 Jutaan Terakhir: Manfaatkan Promo dan Diskon

Nggak ada salahnya manfaatkan promo dan diskon buat menghemat pengeluaran. Cek aplikasi e-commerce atau supermarket favorit kamu buat lihat promo yang lagi berjalan. Tapi, tetap bijak ya, jangan sampai tergoda beli barang yang nggak kamu butuhkan cuma karena lagi diskon.

Mengatur gaji 3 jutaan memang butuh disiplin dan perencanaan yang matang. Tapi, dengan tips-tips di atas, kamu bisa kok hidup nyaman dan tetap punya tabungan. Ingat, yang penting adalah konsistensi dan bijak dalam mengelola keuangan.

Baca Sekarang
selengkapnya

Tips Keuangan Sehat Long Weekend Idul Adha 2024

Halo Sobat! Sudah siap untuk liburan panjang di Idul Adha 2024? Tunggu dulu, jangan sampai keuangan kamu jadi kacau gara-gara liburan ya. Nah, kali ini kita mau ngobrolin nih, gimana caranya biar liburan tetap seru, tapi dompet tetap aman. Yuk, simak tips-tips berikut!

Tips Keuangan Sehat

List Tips Keuangan Sehat

1. Tips Keuangan Sehat Pertama : Rencanakan Liburanmu

Idul Adha tahun ini jatuh pada tanggal 17 Juni 20241. Nah, karena bertepatan dengan akhir pekan, kamu bisa manfaatkan momen ini untuk liburan panjang. Tapi ingat, liburan yang tidak direncanakan dengan baik bisa bikin keuangan kamu jadi berantakan. Jadi, mulai sekarang, buatlah rencana liburanmu.

2. Buat Anggaran

Setelah punya rencana, langkah selanjutnya adalah membuat anggaran. Hitung semua biaya yang akan kamu butuhkan, mulai dari transportasi, akomodasi, makanan, hingga biaya tak terduga. Dengan begitu, kamu bisa mengontrol pengeluaran selama liburan.

3. Cari Info Promo

Siapa yang tidak suka diskon atau promo? Nah, manfaatkanlah berbagai promo yang biasanya muncul menjelang liburan. Bisa jadi, kamu bisa mendapatkan tiket pesawat atau hotel dengan harga yang jauh lebih murah.

4. Hindari Utang

Liburan memang menyenangkan, tapi jangan sampai kamu harus berutang untuk liburan ya. Ingat, utang hanya akan membebani keuanganmu di masa depan.

5. Siapkan Dana Darurat

Selalu siapkan dana darurat saat liburan. Dana ini bisa kamu gunakan untuk hal-hal yang tidak terduga, seperti biaya medis atau biaya tambahan lainnya.

6. Jangan Lupa Bayar Tagihan

Sebelum berlibur, pastikan semua tagihanmu sudah terbayar. Kamu tidak mau kan, pulang liburan malah disambut tagihan yang menumpuk?

7. Tips Keuangan Sehat Terakhir: Investasi

Nah, tips terakhir nih. Jangan lupa untuk tetap berinvestasi. Kamu bisa memilih berbagai jenis investasi, seperti saham, reksa dana, atau properti. Dengan berinvestasi, keuanganmu di masa depan akan lebih terjamin.

Nah, itu dia tips-tips keuangan saat long weekend Idul Adha 2024. Semoga bermanfaat ya. Selamat berlibur dan jangan lupa jaga keuanganmu!

Baca Sekarang
selengkapnya

Cara Mengelola Keuangan bagi Pengantin Baru

Hidup itu nggak akan tetap di satu kondisi saja. Sekarang kamu masih single dan merintis bisnis, beberapa waktu ke depan bisa jadi kamu sudah menikah dan menghadapi kehidupan rumah tangga yang penuh warna. Sebagai pengantin baru, pasti kamu punya banyak rencana indah untuk masa depan bersama. Nah, salah satu hal penting Cara kelola uang pengantin baru. Yuk, simak beberapa tips praktis untuk mengelola keuangan bagi pengantin baru!

Cara kelola uang pengantin baru

Cara kelola uang pengantin baru Pertama: Diskusikan Tujuan Bersama

Di awal pernikahan, penting banget untuk berbagi tujuan bersama dengan pasangan. Kamu dan pasangan harus saling tahu apa saja keinginan dan impian masing-masing. Diskusi ini membantu kalian menemukan cara untuk mencapai semua keinginan tersebut. Bikin rencana jangka pendek dan jangka panjang. Misalnya, dalam waktu satu tahun kalian ingin punya tabungan tertentu, dan dalam lima tahun ingin punya rumah sendiri.

Komunikasi yang terbuka jadi kunci utama. Hanya dengan komunikasi efektif, kamu dan pasangan bisa merencanakan arah finansial untuk masa depan. Hal-hal seperti membeli rumah, kendaraan, atau bahkan merencanakan liburan tahunan harus didiskusikan bersama.

Buat Perencanaan Anggaran Bulanan

Setelah menikah, pengeluaran pasti bertambah. Maka dari itu, buatlah anggaran pengeluaran bulanan. Dengan anggaran, kamu bisa mengontrol pengeluaran dan menghindari utang. Anggaran juga membantu kamu dan pasangan menahan diri dari pengeluaran yang nggak perlu, seperti makan di luar atau nonton bioskop setiap minggu.

Setiap bulan, kamu bisa membandingkan pengeluaran dari bulan sebelumnya. Dari sini, kamu bisa tahu mana pos pengeluaran yang bisa dikurangi dan mana yang harus ditambah, seperti renovasi rumah atau dana darurat untuk kejadian tak terduga seperti biaya perawatan di rumah sakit.

Prioritaskan Melunasi Utang

Kalau kamu dan pasangan punya utang sebelum menikah, usahakan untuk melunasi secepat mungkin. Utang bisa jadi beban yang mengganggu stabilitas keuangan rumah tangga. Dengan melunasi utang, kamu bisa lebih fokus mengatur keuangan untuk masa depan.

Untuk menghindari utang di kemudian hari, buat perencanaan keuangan yang matang. Tanpa utang, hidup akan terasa lebih bebas. Kamu bisa mengalokasikan dana untuk tabungan hari tua, dana darurat, atau investasi lainnya yang berguna untuk masa depan seperti biaya sekolah anak atau keperluan penting lainnya.

Miliki Dana Simpanan

Penting untuk memiliki dana simpanan. Buat beberapa rekening bank dan pisahkan dana simpanan dari dana harian. Dana simpanan ini berguna untuk keperluan mendesak. Idealnya, kamu dan pasangan punya dana simpanan yang bisa menutupi pengeluaran untuk beberapa bulan ke depan.

Dana simpanan memberikan rasa aman dalam rumah tangga. Keuangan yang stabil sangat mempengaruhi kebahagiaan dalam pernikahan. Simpan dana ini di rekening terpisah agar tidak mudah terpakai, dan hanya digunakan saat situasi darurat.

Alokasikan Dana Darurat

Selain dana simpanan, penting juga untuk memiliki dana darurat. Dana ini khusus untuk kejadian yang benar-benar tidak terduga, seperti kecelakaan, bencana alam, atau kehilangan pekerjaan. Dana darurat ini bisa membantu kamu dan pasangan bertahan dalam situasi krisis tanpa harus berhutang.

Investasi untuk Masa Depan

Jangan lupa untuk mulai berinvestasi. Investasi adalah cara yang bagus untuk mengembangkan dana yang kamu miliki. Pilih investasi yang sesuai dengan profil risiko kamu dan pasangan. Bisa berupa investasi saham, reksa dana, atau properti. Dengan berinvestasi, kamu bisa mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

Pertimbangkan Asuransi

Asuransi juga penting untuk melindungi keuangan keluarga. Pertimbangkan untuk memiliki asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan asuransi lainnya yang relevan dengan kebutuhan kalian. Asuransi memberikan perlindungan finansial jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pakai Moota, Yuk Buruan Daftar!

Selalu Evaluasi dan Sesuaikan

Keuangan rumah tangga harus selalu dievaluasi dan disesuaikan dengan kondisi terkini. Buat jadwal evaluasi keuangan secara berkala, bisa setiap bulan atau setiap tiga bulan sekali. Dengan evaluasi rutin, kamu bisa melihat perkembangan dan membuat penyesuaian yang diperlukan.

Kesimpulan Cara kelola uang pengantin baru

Mengelola keuangan bagi pengantin baru memang butuh usaha, tapi hasilnya akan sangat memuaskan. Dengan moota perencanaan yang matang, kamu dan pasangan bisa menikmati kehidupan rumah tangga yang stabil dan harmonis. Ingat, komunikasi yang terbuka dan perencanaan yang baik adalah kunci sukses dalam mengelola keuangan rumah tangga. Semoga tips di atas membantu kamu dalam mengelola keuangan bersama pasangan. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Baca Sekarang
selengkapnya

Mengatasi Biaya Pendidikan Anak yang Kian Mahal

Nggak bisa dipungkiri kalau biaya pendidikan makin tahun makin mahal. Bahkan, biaya pendidikan dasar aja sekarang udah bikin pusing. Terus gimana sih cara orang tua buat nyiasatin dan nyiapin dana pendidikan buat anak? Yuk, kita bahas Mengatasi Biaya Pendidikan Anak dimana cara-caranya biar nggak kalang kabut nanti!

Mengatasi Biaya Pendidikan Anak

Moota juga akan membantu berikan solusi pengelolaan keuangan Anda salah satunya dengan memantau transaksi dan mutasi rekening dengan lebih mudah.

Tips Mengatasi Biaya Pendidikan Anak Sejak Dini

Pendidikan adalah hal penting yang harus sudah disiapkan sejak dini oleh orang tua. Namun biaya pendidikan yang terus meningkat setiap tahun membuat orang tua harus pandai-pandai dalam mengatur pos keuangan agar nantinya peningkatan biaya pendidikan ini tidak akan berdampak. Lalu bagaimana cara menyiasatinya?

1. Mengatasi Biaya Pendidikan Anak Pertama: Rencanakan dan Kelola Keuangan dengan Matang

Pertama-tama, kamu perlu rencanain keuangan dengan baik. Mulai nabung buat pendidikan anak dari sekarang, jangan nunggu nanti-nanti. Biaya pendidikan dari SD sampai kuliah jelas beda-beda, jadi kamu harus punya rencana yang matang. Misalnya, kalau kamu mau anak masuk sekolah swasta yang bagus, kamu harus siapin dana lebih dari sekarang.

2. Hitung Biaya Pendidikan Saat Ini

Biar persiapan lebih mantap, kamu perlu tahu dulu berapa sih biaya pendidikan saat ini. Cari informasi tentang biaya sekolah yang kamu inginkan untuk anak. Dengan begitu, kamu bisa ngatur keuangan lebih baik dan nggak kaget sama biaya yang harus dibayar nanti.

3. Hitung Biaya Pendidikan di Masa Depan

Nggak cuma biaya saat ini, kamu juga harus siapin biaya buat masa depan. Hitung berapa kira-kira biaya pendidikan anak di masa depan dengan mempertimbangkan inflasi. Sekarang udah banyak kok kalkulator finansial online yang bisa bantu kamu hitung perkiraan biaya pendidikan di masa depan. Jadi, kamu bisa lebih siap dan nggak bingung nanti.

4. Alokasikan Biaya Khusus Pendidikan

Langkah penting lainnya adalah alokasikan dana khusus buat pendidikan. Buka rekening bank khusus buat nabung biaya pendidikan. Jadi, uangnya nggak kepake buat hal lain yang nggak penting. Kamu bisa manfaatin tools seperti Moota buat bantu kelola rekening ini. Moota bisa memantau berbagai rekening sekaligus, jadi kalau ada transaksi yang nggak seharusnya, kamu bisa langsung tahu dan atasi.

5. Dapatkan Tambahan Pendapatan

Kalau kamu cuma andalin gaji dari satu orang, mungkin kurang efektif buat nyiapin dana pendidikan anak. Coba deh cari penghasilan tambahan. Kamu bisa coba kerja freelance atau buka bisnis kecil-kecilan. Dengan penghasilan tambahan, kamu bisa lebih leluasa nyiapin dana pendidikan tanpa khawatir kekurangan di pos keuangan lain.

6. Manfaatkan Setiap Peluang yang Ada

Penghasilan tambahan bisa kamu dapetin dari berbagai cara. Misalnya, mulai bisnis online. Sekarang bisnis online makin mudah dan nggak butuh modal besar. Kamu bisa jualan apa aja yang laku di pasaran. Dengan begitu, kamu bisa tambah penghasilan tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama.

7. Tips Mengatasi Biaya Pendidikan Anak Terakhir: Mendaftar Beasiswa

Cara terakhir yang bisa kamu coba adalah mendaftarkan anak buat beasiswa. Beasiswa bisa jadi solusi praktis buat mengurangi biaya pendidikan. Banyak kok beasiswa yang tersedia, mulai dari beasiswa prestasi, beasiswa dari pemerintah, sampai beasiswa dari perusahaan swasta. Coba cari info sebanyak-banyaknya dan bantu anak buat daftar.

Pakai Moota, Yuk Buruan Daftar!

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan buat nyiasatin biaya pendidikan yang terus naik. Buat bantu kelola rekening khusus biaya pendidikan, kamu bisa manfaatin Moota. Tools ini bisa memantau mutasi rekening dari berbagai bank dalam satu tempat. Jadi, nggak perlu repot buka ibanking atau mbanking cuma buat cek mutasi rekening. Cari tahu lebih lanjut tentang Moota di sini.

Baca Sekarang
selengkapnya

Pentingnya Memisahkan Rekening Pribadi dan Bisnis

Menjalankan bisnis memang memerlukan banyak perhatian, dan salah satu hal yang sering kali diabaikan oleh banyak pengusaha adalah pentingnya memisahkan rekening pribadi dan bisnis. Mungkin terdengar sepele, tetapi memisahkan rekening bisa memberikan dampak besar terhadap operasional dan kesehatan finansial bisnis Anda. Yuk, kita bahas lebih lanjut kenapa ini penting dan bagaimana caranya bisa membantu Anda mengelola bisnis dengan lebih baik.

memisahkan rekening

Alasan Memisahkan Rekening Tersendiri Untuk Bisnis

1. Evaluasi Bisnis Jadi Lebih Mudah

Jika Anda mencampur rekening pribadi dan bisnis, Anda pasti kesulitan melihat gambaran yang jelas tentang performa bisnis Anda. Dengan memisahkan kedua rekening, Anda bisa lebih fokus untuk mengevaluasi bisnis. Misalnya, Anda bisa melihat dengan jelas berapa besar peningkatan laba atau kerugian yang terjadi. Ini memungkinkan Anda untuk mengambil keputusan yang lebih tepat tentang bagian mana dari bisnis yang perlu ditingkatkan atau diperbaiki.

Dengan evaluasi yang lebih akurat, Anda bisa menentukan strategi promosi yang lebih efektif demi mencapai profit yang lebih menjanjikan. Misalnya, jika Anda tahu bahwa pemasaran melalui media sosial menghasilkan penjualan yang tinggi, Anda bisa mengalokasikan lebih banyak anggaran ke sana. Data dari tahun 2024 menunjukkan bahwa 72% bisnis kecil yang memisahkan rekening pribadi dan bisnis mengalami peningkatan dalam kemampuan mereka untuk mengevaluasi dan mengoptimalkan strategi bisnis mereka.

2. Perencanaan Keuangan Lebih Efektif

Memisahkan rekening juga membuat perencanaan keuangan jadi lebih mudah. Anda bisa memantau pergerakan uang masuk dan keluar dengan lebih rapi. Misalnya, dengan adanya dua rekening, Anda bisa membuat laporan keuangan bulanan yang lebih tertib dan akurat. Ini membantu Anda dalam mengestimasi alur pengeluaran dan pendapatan di masa mendatang.

Menurut data terbaru di tahun 2024, 85% pengusaha yang memisahkan rekening pribadi dan bisnis melaporkan bahwa mereka bisa membuat perencanaan keuangan yang lebih baik. Laporan keuangan yang tertib juga memudahkan Anda dalam mengelola cash flow, sehingga bisnis Anda bisa berjalan dengan lebih lancar tanpa hambatan keuangan yang berarti.

Yuk Buruan Daftar!

3. Pengambilan Keputusan yang Lebih Tepat

Dengan rekening yang terpisah, Anda bisa membuat keputusan bisnis dengan lebih bijak. Misalnya, Anda bisa dengan mudah melihat kapan waktu yang tepat untuk menambah modal atau melakukan investasi baru. Jika Anda merasa saat ini adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan stok produk, Anda bisa melakukannya tanpa khawatir mengganggu keuangan pribadi Anda.

Sebagai contoh, jika Anda menjual aksesoris HP dan pulsa, dengan memisahkan rekening, Anda bisa memantau keuntungan dengan lebih jelas. Anda bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk menginvestasikan lebih banyak modal atau kapan sebaiknya menahan diri untuk menghindari kerugian. Ini membantu Anda mengambil keputusan yang lebih strategis tanpa tergesa-gesa.

4. Menghindari Kebangkrutan

Salah satu risiko besar dari tidak memisahkan rekening pribadi dan bisnis adalah kemungkinan terjadinya kebangkrutan. Ketika kedua rekening dicampur, godaan untuk menggunakan uang bisnis untuk keperluan pribadi menjadi sangat besar. Misalnya, Anda mungkin melihat saldo yang besar di rekening gabungan dan tergoda untuk menggunakannya untuk belanja pribadi. Tanpa disadari, uang yang seharusnya digunakan untuk modal bisnis malah habis untuk keperluan pribadi.

Dengan memisahkan rekening, Anda bisa lebih disiplin dalam menggunakan uang. Data dari tahun 2024 menunjukkan bahwa 78% bisnis kecil yang mengalami kebangkrutan disebabkan oleh pengelolaan keuangan yang buruk, termasuk pencampuran rekening pribadi dan bisnis. Dengan disiplin dalam memisahkan rekening, Anda bisa menghindari jebakan ini dan menjaga kesehatan finansial bisnis Anda.

5. Penghitungan Pajak Jadi Lebih Mudah

Setiap bisnis di Indonesia harus mematuhi aturan perpajakan. Jika Anda mencampur rekening pribadi dan bisnis, menghitung besaran pajak bisa menjadi mimpi buruk. Anda mungkin menganggap seluruh uang di rekening gabungan sebagai laba, padahal sebagian besar mungkin adalah uang pribadi Anda. Ini bisa menyebabkan beban pajak yang lebih tinggi.

Dengan memisahkan rekening, Anda bisa dengan mudah melacak pendapatan dan pengeluaran bisnis Anda. Ini memudahkan Anda dalam menghitung besaran pajak yang harus dibayar. Menurut data tahun 2024, bisnis yang memisahkan rekening pribadi dan bisnis melaporkan proses penghitungan pajak yang lebih mudah dan cepat. Ini juga membantu dalam menghindari masalah dengan otoritas pajak di kemudian hari.

Kesimpulan

Mungkin terdengar seperti langkah kecil, tetapi dampaknya bisa sangat besar. Dari evaluasi bisnis yang lebih mudah, perencanaan keuangan yang lebih efektif selain menggunakan moota, pengambilan keputusan yang lebih bijak, hingga penghitungan pajak yang lebih sederhana, semua ini bisa tercapai dengan memisahkan rekening. Jadi, jika Anda belum memisahkan rekening pribadi dan bisnis, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulainya. Langkah sederhana dari moota ini bisa membantu Anda mengelola bisnis dengan lebih baik dan meningkatkan peluang sukses di masa depan.

Baca Sekarang
selengkapnya

Kekurangan dan Kelebihan Virtual Account

Virtual account semakin populer sebagai metode pembayaran dalam bisnis, terutama di era digital ini. Banyak pebisnis dan konsumen memilih virtual account karena kemudahannya. Namun, seperti semua hal, virtual account juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Yuk, kita bahas lebih detail mengenai kelebihan dan kekurangan menggunakan virtual account.

Kekurangan Virtual Account

  1. Biaya Administrasi

Salah satu kekurangan utama virtual account adalah biaya administrasi yang dikenakan oleh bank atau penyedia layanan. Biaya ini bisa bervariasi tergantung pada jumlah transaksi dan volume penggunaan. Untuk bisnis kecil, biaya ini bisa menjadi beban tambahan yang perlu diperhitungkan.

  1. Keterbatasan Penggunaan

Tidak semua konsumen familiar dengan metode pembayaran ini. Beberapa mungkin merasa kesulitan atau enggan menggunakan virtual account karena lebih nyaman dengan metode pembayaran lain seperti transfer bank biasa atau e-wallet. Sebuah survei oleh Nielsen pada 2024 menunjukkan bahwa 20% konsumen masih merasa tidak nyaman menggunakan virtual account.

  1. Ketergantungan pada Sistem Perbankan

Virtual account sangat tergantung pada sistem perbankan. Jika ada gangguan atau maintenance pada sistem bank, proses transaksi bisa terhambat. Ini bisa mengakibatkan keterlambatan pembayaran dan ketidaknyamanan bagi konsumen dan bisnis.

  1. Kurangnya Fitur Refund Otomatis

Salah satu kekurangan yang sering dikeluhkan adalah kurangnya fitur refund otomatis. Jika terjadi kesalahan pembayaran atau pembatalan transaksi, proses pengembalian dana biasanya harus dilakukan secara manual dan bisa memakan waktu. Ini bisa menjadi kendala bagi bisnis yang sering melakukan refund.

  1. Keterbatasan Transaksi Internasional

Virtual account biasanya terbatas pada transaksi domestik. Untuk transaksi internasional, metode ini kurang efektif dan efisien. Bisnis yang memiliki klien atau konsumen di luar negeri mungkin perlu mencari metode pembayaran alternatif yang lebih sesuai.

Kelebihan Virtual Account

  1. Kemudahan Identifikasi Pembayaran

Virtual account memudahkan proses identifikasi pembayaran. Setiap transaksi punya nomor rekening unik, sehingga pencatatan dan rekonsiliasi pembayaran menjadi lebih mudah. Bisnis jadi lebih efisien karena tidak perlu memverifikasi pembayaran secara manual. Menurut Bank Indonesia, efisiensi ini bisa mengurangi kesalahan administrasi hingga 50%.

  1. Proses Transaksi Cepat

Transaksi menggunakan virtual account berjalan cepat dan real-time. Begitu konsumen melakukan pembayaran, sistem langsung memproses dan mengonfirmasi transaksi. Ini mengurangi waktu tunggu, baik untuk konsumen maupun pemilik bisnis. Misalnya, jika Anda menjalankan bisnis e-commerce, konfirmasi pembayaran yang cepat bisa mempercepat pengiriman barang.

  1. Keamanan Transaksi Tinggi

Keamanan menjadi faktor penting dalam transaksi online. Virtual account menawarkan keamanan tinggi karena setiap transaksi memiliki nomor unik yang hanya berlaku untuk satu kali pembayaran. Hal ini mengurangi risiko pencurian data atau penyalahgunaan informasi pembayaran.

  1. Mengurangi Kesalahan Pembayaran

Dengan virtual account, risiko kesalahan pembayaran berkurang. Konsumen hanya perlu memasukkan nomor rekening virtual yang diberikan, tanpa perlu mengingat atau mencatat nomor rekening tujuan. Ini sangat membantu dalam transaksi dengan jumlah besar atau berulang, seperti pembayaran tagihan bulanan.

  1. Integrasi dengan Sistem Akuntansi

Virtual account mudah diintegrasikan dengan sistem akuntansi dan ERP (Enterprise Resource Planning) perusahaan. Ini memudahkan pelacakan pembayaran dan pengelolaan keuangan secara keseluruhan. Menurut laporan dari Deloitte pada tahun 2024, integrasi ini dapat meningkatkan efisiensi operasional hingga 40%.

Kesimpulan

Virtual account menawarkan banyak kelebihan seperti kemudahan identifikasi pembayaran, transaksi cepat, keamanan tinggi, dan pengurangan kesalahan pembayaran. Namun, metode ini juga memiliki kekurangan seperti biaya administrasi, keterbatasan penggunaan, ketergantungan pada sistem perbankan, kurangnya fitur refund otomatis, dan keterbatasan transaksi internasional.

Dengan memahami kelebihan dan kekurangan ini, Anda bisa membuat keputusan yang lebih tepat dalam memilih metode pembayaran untuk bisnis Anda. Menyediakan berbagai pilihan pembayaran, termasuk virtual account, bisa membantu meningkatkan kepuasan dan kepercayaan konsumen.

Semoga artikel ini membantu Anda memahami lebih dalam tentang penggunaan virtual account. Selamat berbisnis!

Baca Sekarang
selengkapnya

Cara Atur Keuangan Orang Jepang yang Bisa Kamu Tiru

Hidup di negara maju dengan segala kemudahan fasilitas, dapat menjadikan orang berlaku konsumtif. Akan tetapi, prasangka tersebut tidak berlaku bagi masyarakat Jepang. Buktinya cara Atur Keuangan Orang Jepang, mereka justru menahan diri untuk tidak membeli barang-barang di luar kebutuhan. Mereka membatasi diri untuk tidak jatuh pada hedonisme. Selayaknya slogan mereka, less is more.

Motto tersebut mereka buktikan melalui perilaku cara mengatur keuangan ala orang Jepang yang dapat Anda tiru. Kakeibo, nama seni mengatur keuangannya. Dalam Kakeibo, mereka membagi pendapatan yang diperoleh setiap bulan menjadi empat bagian, di antaranya:

1. Atur Keuangan Orang Jepang di Kebutuhan Pokok Sehari-hari

memenuhi kebutuhan pokok orang jepang

memenuhi kebutuhan pokok orang jepang (source: pixabay.com)

Orang Jepang mengutamakan hal penting terlebih dahulu seperti kebutuhan pokok yang harus mereka penuhi demi menunjang produktivitas. Kebutuhan tersebut dapat berupa biaya makan, transportasi keseharian bagi yang tidak mendapat fasilitas dari perusahaan maupun instansi tempat bekerja, serta biaya untuk membiayai cicilan tempat tinggal.

Agar lebih hemat dalam pengeluaran, masyarakat Jepang lebih suka membuat bekal setiap harinya daripada berbelanja. Begitu pula transportasi. Mereka lebih gemar bepergian menggunakan kereta api bawah tanah, bus, atau kendaraan yang disediakan perusahaan daripada menggunakan mobil pribadi yang harus menambah pengeluaran untuk bahan bakar serta biaya parkir.

2. Kebutuhan kedua

Atur Keuangan Orang Jepang

Usai kebutuhan utama mendapatkan porsi dari pendapatan Anda, maka selanjutnya masukkan uang untuk membeli kebutuhan pendukung seperti pakaian, belanja bersama teman, atau sekadar makan bersama rekan sekantor. Aktivitas untuk menyenangkan hati dan menyegarkan pikiran masuk dalam bagian pengeluaran ini.

Meskipun sudah menyisihkan sebagian pendapatan untuk kebutuhan pendukung tersebut, orang Jepang tetap mengedepankan kesederhanaan. Pakaian yang mereka miliki tidak begitu banyak, terpenting pas untuk bekerja dan kehidupan sehari-hari di rumah maupun keluar bersama teman. Mereka benar-benar membatasi diri untuk tidak membeli banyak pakaian yang pada akhirnya tidak terpakai.

3. Kultur

Atur Keuangan Orang Jepang

mengetahui kebutuhan lain dari orang jepang (source: pixabay.com)

Cara mengatur keuangan ala orang Jepang selanjutnya pada bagian ketiga pembagian pendapatan, yaitu biaya untuk memenuhi keperluan kultur seperti membeli buku, menonton film di bioskop bersama teman, atau sekadar berlangganan televisi kabel. Kebutuhan ini baru akan terpenuhi ketika memang hal tersebut dirasa penting atau untuk mendukung pekerjaan maupun proses belajar. Bila memang dirasa belum terlalu penting, maka mereka umumnya menunda dan memilih menyimpan uang untuk kebutuhan bulan mendatang.

4. Atur Keuangan Orang Jepang di Pengeluaran Tambahan

Atur Keuangan Orang Jepang
merencanakan keuangan dengan menabung ala orang jepang (source: www.123rf.com)

Selain tiga kebutuhan di atas, orang Jepang juga menyiapkan sebagian pendapatan untuk keperluan mendesak. Ini bisa untuk biaya tak terduga seperti kecelakaan, perbaikan kendaraan, atau persiapan kado untuk teman dan keluarga. Mereka selalu merencanakan segala sesuatunya dengan matang.

Untuk mempermudah pengaturan keuangan, orang Jepang sering membagi empat pengeluaran ini ke dalam empat amplop. Agar lebih mudah dalam pengaturan keuangan, umumnya orang Jepang membagi keempat pengeluaran tersebut ke dalam empat amplop. Ketika gaji mereka terima, saat itulah mereka langsung memasukkan biaya sesuai kebutuhan dalam empat amplop berbeda. Setiap pengeluaran dari setiap amplop, harus Anda catat.

Kendati masyarakat Indonesia memiliki kultur maupun keadaan jalan yang berbeda, akan tetapi Anda tetap dapat mencoba mempraktikkannya. Membagi pendapatan yang dihasilkan menjadi beberapa bagian sesuai kebutuhan dan berusaha untuk menahan diri agar tidak membeli sesuatu di luar perencanaan. Ingatlah, kebutuhan jauh lebih utama daripada keinginan semata yang pada akhirnya hanya membawa kemubaziran.

Nah, agar lebih mudah dalam memantau setiap transaksi yang keluar dari setiap bagian keuangan, Anda dapat memanfaatkan Moota. Semua catatan arus masuk dan keluar keuangan terlihat begitu rinci. Anda bahkan dapat mencontoh langsung cara mengatur keuangan ala orang Jepang melalui aplikasi ini dan menahan diri dari sifat boros.

Baca Sekarang
selengkapnya

Metode Pembayaran Non-Tunai untuk Bisnis

Dalam dunia bisnis yang semakin modern dan digital, memahami berbagai metode pembayaran non-tunai sangat penting. Tidak hanya untuk meningkatkan fleksibilitas dan kenyamanan transaksi, tetapi juga untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan Anda. Yuk, kita bahas lebih lanjut tentang berbagai metode pembayaran non-tunai yang bisa Anda gunakan di bisnis Anda!

Metode Pembayaran Non-Tunai

Kartu Kredit dan Debit: Metode Pembayaran Non-Tunai Lama

Metode pembayaran ini sudah lama populer dan banyak digunakan. Menurut data Bank Indonesia, penggunaan kartu kredit dan debit terus meningkat setiap tahunnya. Dengan kartu kredit dan debit, pelanggan bisa bertransaksi dengan cepat tanpa harus membawa uang tunai dalam jumlah besar.

Untuk bisnis Anda, menyediakan mesin EDC (Electronic Data Capture) adalah langkah yang tepat. Mesin ini memudahkan pelanggan untuk melakukan pembayaran dengan kartu mereka. Selain itu, transaksi menggunakan kartu kredit dan debit juga lebih aman karena setiap transaksi tercatat dengan baik.

Dompet Digital (E-Wallet): Metode Pembayaran Non-Tunai Modern

Semakin banyak orang, terutama kalangan milenial dan Gen Z, yang menggemari dompet digital atau e-wallet. Banyak orang memilih platform seperti GoPay, OVO, Dana, dan LinkAja karena kepraktisannya. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) melakukan survei dan memperkirakan bahwa penggunaan e-wallet di Indonesia akan meningkat sebesar 30% pada tahun 2024.

Menggunakan e-wallet sebagai metode pembayaran bisa memberikan banyak keuntungan untuk bisnis Anda. Selain transaksi yang cepat dan mudah, e-wallet sering kali menawarkan promosi dan cashback yang menarik bagi pelanggan. Ini bisa menjadi daya tarik tambahan bagi bisnis Anda.

Transfer Bank: Metode Pembayaran Non-Tunai Konvensional yang Tetap Andal

Meski terkesan konvensional, transfer bank masih menjadi salah satu metode pembayaran non-tunai yang banyak digunakan. Keunggulan transfer bank adalah kemudahan dan keamanannya. Hampir semua orang memiliki rekening bank, sehingga metode ini bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.

Untuk bisnis, Anda bisa menyediakan berbagai opsi bank untuk memudahkan pelanggan. Pastikan juga nomor rekening dan informasi bank selalu update di platform bisnis Anda, agar pelanggan tidak kesulitan saat ingin melakukan pembayaran.

QR Code: Pembayaran Cepat dan Praktis

QR Code adalah metode pembayaran yang semakin populer dan banyak digunakan. Dengan QR Code, pelanggan cukup memindai kode yang tersedia menggunakan aplikasi pembayaran di ponsel mereka. Pembayaran menggunakan QR Code sangat cepat dan praktis, sehingga cocok untuk bisnis yang menginginkan proses transaksi yang efisien.

Bank Indonesia bahkan telah meluncurkan QRIS (QR Code Indonesian Standard) untuk memudahkan integrasi berbagai platform pembayaran dengan satu kode QR. Dengan menggunakan QRIS, bisnis Anda bisa menerima pembayaran dari berbagai e-wallet dan aplikasi perbankan hanya dengan satu kode QR.

Virtual Account: Memudahkan Rekonsiliasi Pembayaran

Virtual Account adalah metode pembayaran yang menggunakan nomor rekening virtual untuk setiap transaksi. Nomor rekening ini biasanya berbeda untuk setiap transaksi atau pelanggan, sehingga memudahkan identifikasi pembayaran. Bank-bank besar di Indonesia seperti BCA, Mandiri, dan BNI sudah menyediakan layanan Virtual Account.

Keuntungan menggunakan Virtual Account adalah kemudahan rekonsiliasi pembayaran. Setiap pembayaran yang masuk bisa langsung teridentifikasi tanpa perlu konfirmasi manual dari pelanggan. Ini sangat membantu dalam manajemen keuangan bisnis Anda.

Cryptocurrency

Meski belum terlalu umum, pembayaran menggunakan cryptocurrency mulai dilirik oleh beberapa bisnis. Bitcoin, Ethereum, dan Litecoin adalah beberapa contoh cryptocurrency yang bisa digunakan untuk transaksi. Menurut survei dari Chainalysis, penggunaan cryptocurrency di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, menunjukkan tren peningkatan.

Menerima pembayaran dengan cryptocurrency bisa menjadi nilai tambah untuk bisnis Anda, terutama jika target pasar Anda adalah komunitas teknologi atau mereka yang aktif di dunia digital. Namun, perlu diingat bahwa volatilitas harga cryptocurrency bisa menjadi tantangan tersendiri.

NFC (Near Field Communication): Teknologi Pembayaran Masa Depan

NFC adalah teknologi yang memungkinkan pembayaran hanya dengan mendekatkan ponsel atau kartu NFC ke terminal pembayaran. Apple Pay, Samsung Pay, dan Google Pay adalah beberapa contoh aplikasi pembayaran yang menggunakan teknologi NFC. Penggunaan NFC meningkat pesat di negara-negara maju dan mulai merambah ke Indonesia.

Untuk bisnis, menyediakan terminal pembayaran yang mendukung NFC bisa meningkatkan kecepatan transaksi dan memberikan pengalaman pembayaran yang lebih modern kepada pelanggan Anda.

Direct Debit

Direct Debit adalah metode pembayaran di mana pelanggan memberikan izin kepada perusahaan untuk secara otomatis menarik sejumlah dana dari rekening bank mereka pada waktu yang telah ditentukan. Metode ini sangat berguna untuk pembayaran berulang seperti langganan bulanan atau tagihan utilitas.

Bagi bisnis, Direct Debit menawarkan keuntungan berupa pembayaran yang lebih teratur dan dapat diprediksi. Pelanggan juga cenderung merasa lebih nyaman karena tidak perlu repot mengingat untuk melakukan pembayaran setiap bulan.

Kesimpulan

Menyediakan berbagai metode pembayaran non-tunai adalah langkah strategis untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan efisiensi bisnis Anda. Dengan memahami dan mengimplementasikan metode pembayaran yang tepat, Anda bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dan memberikan mereka fleksibilitas dalam bertransaksi.

Tidak ada satu metode yang paling baik, karena setiap bisnis memiliki kebutuhan dan karakteristik pelanggan yang berbeda. Yang terpenting adalah memastikan bahwa bisnis Anda selalu siap beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan tren pembayaran yang terus berkembang. Dengan begitu, bisnis Anda bisa tetap kompetitif dan relevan di tengah persaingan yang semakin ketat.

Semoga artikel dari moota ini bisa membantu Anda dalam memilih metode pembayaran non-tunai yang paling cocok untuk bisnis Anda. Selamat berbisnis!

Baca Sekarang
selengkapnya

Alasan Mengapa kita Harus Menyiapkan Dana Darurat

Kadang-kadang ada saja kejadian darurat di luar ekspektasi kita. Terkadang ketika keuangan sedang pas-pasan, ada saja biaya untuk ini dan itu. Kita tidak sengaja menyediakannya untuk hal-hal seperti investasi atau dana untuk pendidikan. Kita membuat peruntukan masing-masing secara terpisah.Terkait dengan uang, kita memang perlu dana cair.

Dana Darurat

Karena dana cair bisa langsung digunakan tanpa proses yang rumit. Memang harus ada untuk menghindari imbas terhadap pos lain mulai dari hubungan dengan orang di sekitar, sampai kondisi kesehatan.

Mengapa Dana Darurat Itu Penting?

Berikut beberapa alasan mengapa kita harus menyiapkannya

  1. Mencegah Utang: Kita tidak bisa meramal masa depan. Ada kalanya, kita mungkin perlu dana untuk biaya tak terduga seperti biaya medis atau perbaikan rumah. Dengan adanya dana darurat, kita bisa menghindari utang dan menjaga kestabilan keuangan kita.
  2. Membantu Saat Pindah Karir: Robert T. Kiyosaki, penulis buku best seller “Rich Dad Poor Dad”, memperkenalkan konsep ‘Pindah Kuadran’. Ini adalah situasi di mana seseorang memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya dan memulai bisnis sendiri. Tentu saja, ini adalah langkah berisiko dan kita mungkin perlu dana darurat untuk memenuhi kebutuhan kita selama transisi ini.
  3. Menyelamatkan Bisnis yang Gagal: Tidak semua bisnis atau investasi berjalan sesuai rencana. Jika bisnis kita mengalami kerugian, dana darurat bisa menjadi jaring pengaman yang menyelamatkan kita dari kerugian lebih lanjut.
  4. Menyelesaikan Konflik dalam Rumah Tangga: Konflik dalam rumah tangga bisa terjadi karena berbagai alasan, dan salah satunya adalah masalah keuangan. Dengan adanya dana darurat, kita bisa memastikan bahwa semua kebutuhan kita terpenuhi, sehingga kita bisa fokus pada penyelesaian konflik, bukan masalah keuangan.
  5. Menjaga Kesehatan: Ketika bisnis kita gagal, bisa jadi kita merasa stres dan kesehatan kita terganggu. Dengan adanya dana darurat, kita bisa memastikan bahwa kita memiliki dana untuk pengobatan dan perawatan kesehatan jika diperlukan.

Jadi, Sobat Cuan, sudahkah Anda menyiapkan milik Anda? Jika belum, mungkin saatnya untuk mulai memikirkannya. Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati. Selamat berinvestasi!

Baca Sekarang
selengkapnya

5 Usaha Sampingan Modal Kecil Untuk Siapa Saja

Apa pekerjaan utama Anda? Karyawan, mahasiswa, atau mungkin ibu rumah tangga? Apapun status Anda, tidak ada salahnya untuk memulai Usaha Sampingan Modal Kecil sejak dini. Bicara soal usaha, memang gampang-gampang susah. Namun, kalau Anda tidak segera memulainya, maka Anda tidak akan tahu apakah Anda bisa berhasil atau tidak. Nah, bagaimana cara memulai usaha sampingan yang menghasilkan?

Apabila Anda masih awam di dunia bisnis, lebih baik simak saja yuk jenis-jenis usaha sampingan yang dapat dikerjakan oleh pemula dan berpotensi memberikan keuntungan besar apabila ditekuni dengan baik

1. Usaha Sampingan Modal Kecil Pertama: Jasa Pembuatan Konten

usaha sampingan online (source: pixabay.com)

Anda punya keahlian menulis? Atau bisa membuat desain-desain grafis nan menarik? Mengapa tidak memanfaatkannya dengan membuat usaha pembuatan konten?

Tentu selain kemampuan, Anda juga membutuhkan promosi yang tepat sasaran. Maka dari itu, buatlah akun media sosial yang menarik dan tawarkan jasa Anda dengan baik. Jangan lupa untuk selalu meriset konten seperti apa yang dibutuhkan oleh orang-orang.

2. Kue Kering

usaha sampingan ibu rumah tangga (source: pixabay.com)

Kue kering tidak hanya diminati pada saat lebaran, lho. Di luar lebaran, banyak juga orang yang memesan makanan yang satu ini. Nah, bagaimana cara agar produk kue kering Anda diminati banyak orang? Tentu inovasi menjadi kunci penting.

Buatlah kemasan produk menarik. Kemudian, jangan lupa untuk membuat rasa-rasa unik. Kue kering semacam nastar dan kastengel mungkin sudah biasa. Namun, bagaimana dengan kue red velvet? Atau kue kering Ovomaltine, dan sebagainya?

Penggunaan kemasan menarik, produk berperisa unik, dan juga promosi yang menyenangkan akan membuat produk Anda mampu mencuri perhatian banyak orang.

3. Busana Kekinian

usaha sampingan fashion (source: pixabay.com)

Tren busana memang akan selalu berganti. Namun, apabila Anda punya passion besar di bidang ini, bukan tidak mungkin Anda dapat meraih kesuksesan.

Buat riset tentang busana-busana apa saja yang sedang diminati. Kemudian, rancanglah bisnis Anda. Apakah Anda akan memproduksi busana sendiri, atau Anda mau menjadi makelar dari supplier besar. Promosikan busana yang Anda jual secara optimal, dan pastikan bahwa produk Anda berkualitas serta nyaman digunakan.

4. Peralatan Bayi

usaha sampingan tanpa modal (source: pixabay.com)

Sejak dulu, peralatan bayi akan selalu laris manis diborong. Maklum, setiap harinya akan selalu ada bayi yang lahir. Nah, daripada sekadar menjadi konsumen, mengapa Anda tidak memulai untuk berbisnis perlengkapan bayi?

Apalagi, semakin banyak saja perempuan yang berfokus pada konten seputar kehidupannya sebagai ibu di Instagram. Ini akan membantu Anda untuk mempromosikan produk sekaligus melihat produk-produk bayi apa saja yang sedang trendy.

Kualitas perlu diperhatikan betul-betul dalam bisnis ini, lho. Soalnya, bayi lebih sensitif daripada orang dewasa. Jangan sampai Anda menjual produk yang berbahaya bagi mereka.

5. Usaha Sampingan Modal Kecil Terakhir: Makanan Diet

usaha sampingan untuk karyawan (source: pixabay.com)

Siapa sih, yang tidak mau punya badan ideal? Baik pria maupun wanita tentu menginginkan hal ini. Namun, untuk mewujudkannya, perlu perjuangan panjang. Mengurangi makanan menjadi solusi, tetapi tentu ini sedikit berbahaya bagi kesehatan.

Untuk menanggulangi masalah tersebut, Anda bisa lho membuka usaha katering diet. Ini akan sangat membantu mereka yang sedang berdiet untuk mendapatkan asupan kalori sesuai kebutuhan dan tidak jatuh sakit lantaran kelaparan.

Nah, ajak rekan yang paham soal masalah keseimbangan gizi ya untuk memulainya. Atau, Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli gizi.

Itulah beberapa usaha sampingan yang menghasilkan apabila dijalankan dengan serius dan dipromosikan dengan baik. Pilihlah usaha yang memang sesuai dengan minat Anda, jalankan dengan baik dan juga dengan tekun supaya mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Baca Sekarang

Strategi Marketing WOM Untuk Meningkatkan Omset

Di zaman sekarang, di mana semua orang sibuk dengan gadget dan media sosial, strategi marketing yang efektif sangat penting. Salah satu strategi yang sudah terbukti ampuh dari zaman dulu hingga sekarang adalah Word of Mouth (WOM) atau lebih dikenal pemasaran dari mulut ke mulut.

Tak heran jika kemudian ada banyak yang masih menerapkan strategi marketing tersebut. Meski mungkin ada banyak yang tidak terlalu mengenal strategi WOM. Yuk, kita kenali lebih dalam strategi WOM dan bagaimana cara menggunakannya untuk meningkatkan omset bisnismu.

Mengenal Strategi Marketing WOM

Apa Itu Strategi Marketing WOM?

Membicarakan teknik marketing tradisional, nampaknya tak lengkap jika tidak membicarakan strategi marketing yang satu ini. Jadi WOM sendiri merupakan singkatan dari word of mouth. Tentu kepanjangan dari WOM dapat memberikan gambaran, strategi semacam apa WOM ini.

Word of Mouth (WOM) adalah strategi marketing yang melibatkan orang-orang membicarakan produk atau layanan kamu kepada orang lain. WOM terjadi ketika pelanggan merasa puas dengan produk atau layananmu dan merekomendasikannya kepada teman, keluarga, atau kolega mereka.

Mengapa Strategi Marketing WOM Penting?

WOM memiliki kekuatan yang luar biasa dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Menurut sebuah studi dari Nielsen, 92% konsumen mempercayai rekomendasi dari teman dan keluarga lebih dari bentuk iklan lainnya. Selain itu, WOM juga memiliki tingkat konversi yang lebih tinggi karena rekomendasi yang datang dari orang yang mereka percaya.

Fakta Seputar Strategi Marketing WOM

Sekarang setelah mengenal seputar WOM, kami akan membahas mengenai fakta-fakta yang ada dari strategi yang satu ini. Yuk simak berbagai faktanya.

1. Persentase Peningkatan Konsumen Tinggi

strategi meningkatkan konsumen
strategi meningkatkan konsumen (source: pixabay.com)

Fakta yang pertama dibahas di sini adalah terkait persentase peningkatan konsumen akibat strategi pemasaran ini. Siapa sangka jika ternyata strategi pemasaran ini memiliki pengaruh besar terhadap konsumen atau pun calon konsumen.

Bahkan, disebutkan jika sebanyak 68% konsumen yang melakukan pembelian produk merupakan ‘hasil’ dari strategi WOM ini. Tentu ini menjadi jumlah yang cukup besar. Selain itu, ini menjadi bukti keefektifan strategi marketing yang satu ini.

Di sisi lain jumlah tersebut menunjukkan metode ini menjadi metode yang paling banyak dipercaya oleh calon konsumen. Ini terbukti dari banyaknya konsumen yang tertarik dan memutuskan percaya dengan ‘berita’ seputar produk yang mereka dengar, sehingga melakukan pembelian produk.

2. Promosi WOM Terus Mengalami Peningkatan

cara meningkatkan jumlah konsumen
cara meningkatkan jumlah konsumen (source: pixabay.com)

Di era modern seperti sekarang ini, mungkin banyak yang mengira jika pemasaran WOM sudah banyak ditinggalkan dan berganti dengan metode pemasaran baru. Namun, siapa sangka yang terjadi justru sebaliknya.

Di mana data yang ada menunjukkan bahwa ada peningkatan value dari metode marketing ini sebesar, rata-rata sebesar satu setengah kali sejak tahun 1980-an. Peningkatan value dari metode ini menunjukkan jika masih banyak pebisnis yang mempercayai penggunaan metode ini.

3. Bentuk WOM Beragam

Strategi Marketing WOM
cara meningkatkan kunjungan konsumen (source: pixabay.com)

Fakta yang selanjutnya dari strategi pemasaran WOM adalah terkait betuk WOM itu sendiri. Mungkin banyak yang bertanya-tanya bagaimana bentuk strategi pemasaran word of mouth ini? Lalu ucapan seperti apa yang termasuk dalam strategi pemasaran WOM tersebut?

Ada banyak bentuk dari WOM. Jadi WOM tidak hanya seputar rekomendasi untuk menggunakan suatu produk saja. Namun, lebih jauh WOM juga dapat berupa pujian terhadap suatu produk hingga komentar yang nantinya memengaruhi kebutuhan seseorang untuk membeli suatu produk. Berbagai hal tersebut termasuk dengan WOM. Pasalnya, ia telah melakukan suatu hal yang memengaruhi pendapat pihak lain terhadap suatu produk.

4. Memiliki Lima Elemen Dasar

Strategi Marketing WOM
cara meningkatkan minat konsumen (source: pixabay.com)

Lalu apa saja elemen yang hadir dan menjadi dasar WOM? Kelima elemen tersebut adalah sebagai berikut ini.

  • Talkers (Pembicara). Elemen ini merupakan elemen ‘awal’ yang menjadi pusat dari berita tentang produk tersebut nantinya. Talkers juga biasa disebut sebagai influencer.
  • Topics (Topik). Tentunya harus ada topik yang dibicarakan para talkers pada audiensnya. Untuk itu, ia menjadi elemen yang selanjutnya.
  • Tools (Alat). Apa yang dimaksud alat di ini adalah media yang dapat digunakan untuk membuat penyampain pendapat mengenai produk tersebut menjadi lebih mudah.
  • Talking Part (Partisipasi). Ini maksudnya adalah di mana pembicaraan mengenai produk harus melibatkan elemen berupa orang lain. Fungsinya adalah untuk membuat pembicaraan menjadi terus berjalan.
  • Tracking (Pengawasan). Tindakan pengawasan yang dimaksud di sini adalah tindakan pengawasan dari perusahaan untuk mengetahui bagaimana respons konsumen terhadap produk tersebut.

5. Peran Sentral Key Opinion Leader Dalam WOM

Strategi Marketing WOM
meningkatkan omset penjualan (source: pixabay.com)

Perlu diketahui jika dalam WOM ada salah satu peran yang menjadi ‘kunci’ dari keberhasilan WOM. Peran yang dimaksud adalah peran dari Key Opinion Leader (KOL). Di sini KOL memiliki fungsi untuk menyebarkan informasi seputar produk tersebut. Hal ini untuk membuat audiens semakin mudah ‘menerima’ pendapat dari KOL tersebut.

Ternyata ada banyak fakta menarik yang hadir dari strategi pemasaran WOM ya. Berbagai fakta di atas tentu akan semakin menambah pengetahuan seputar WOM. Tak menutup kemungkinan jika fakta-fakta tersebut dapat membantu untuk menghadirkan WOM yang lebih efektif.

Baca Sekarang

Manfaat Blog Untuk Bisnis dan Cara Kelolanya

Blog itu penting banget buat pebisnis online yang ingin terus terhubung dengan pelanggan. Di era digital seperti sekarang, Manfaat Blog Untuk Bisnis punya dampak yang signifikan. Hal ini diperlukan untuk memberikan hasil yang maksimal dari penggunaan blog bisnis online tersebut.

Selengkapnya tentang cara pengelolaan blog serta apa saja manfaatnya akan dibahas lebih lanjut melalui berbagai penjelasan di bawah ini. Yuk, kita bahas manfaat dan cara mengelola blog bisnis online dengan tepat!

Manfaat Blog Untuk Bisnis Online

Blog bisa memberikan banyak manfaat untuk bisnis online. Berbagai manfaat ini tentunya akan menguntungkan pebisnis online yang memutuskan menggunakan blog. Apa saja sih manfaatnya? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Manfaat Blog Untuk Bisnis Pertama: Menjadi Katalog Produk

Manfaat Blog Untuk Bisnis
memanfaatkan blog untuk bisnis online (source: elements.envato.com)

Blog bisnis online dapat menjadi salah satu sarana katalog produk yang menarik. Ini sekaligus memberikan kemudahan bagi calon pelanggan yang penasaran terkait dengan daftar produk yang ada. Apalagi akses blog mudah dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Menjadikan blog sebagai katalog produk ini sekaligus juga dapat menghemat biaya. Jadi calon pelanggan yang ingin membeli produk tinggal diarahkan menuju ke blog yang telah dibuat. Tentunya ini lebih efektif dan praktis daripada harus mencetak katalog satu persatu.

2. Media Informasi Terkait Produk Maupun Perusahaan

Manfaat Blog Untuk Bisnis
bisnis online melalui blog (source: elements.envato.com)

Blog nggak cuma untuk katalog produk, tapi juga bisa jadi tempat berbagi informasi tentang produk dan perusahaan. Kamu bisa menulis deskripsi perusahaan, alur pembelian, tata cara pembayaran, dan informasi penting lainnya.

Informasi tentang diskon, produk yang sedang habis, atau produk yang akan restock juga bisa dimasukkan. Jadi, pelanggan bisa selalu update dengan informasi terbaru dari perusahaanmu.

3. Sarana Penghubung dengan Pelanggan

Manfaat Blog Untuk Bisnis
bisnis online dengan blog (source: pixabay.com)

Selain kedua hal di atas, blog juga dapat menjadi sarana penghubung yang efektif dengan pelanggan. Tentunya pihak pelanggan membutuhkan media komunikasi dengan perusahaan yang cepat dan efisien, blog ini menjadi salah satu media yang tepat.

Informasi-informasi terbaru terkait dengan perusahaan atau produk yang dijual dapat ditampilkan di sini. Namun, pihak pengelola blog juga harus ingat untuk dapat menghadirkan komunikasi yang berkelanjutan dengan pihak pelanggan.

4. Media Iklan Hemat Biaya

cara bisnis online di blog
cara bisnis online di blog (source: pixabay.com)

Ingin mencari media iklan yang hemat biaya? Blog dapat menjadi salah satu solusi terbaik untuk pertanyaan tersebut. Tapi, tentu saja pihak pemilik blog harus rajin melakukan optimasi terhadap blog yang dimilikinya. Ini guna meningkatkan lalu lintas pengunjung blog tersebut.

Media iklan menggunakan blog memiliki berbagai kelebihan. Salah satunya adalah ia dapat melakukan promosi selama 24 jam penuh dengan audiens yang tertarget (apabila dilakukan optimasi). Ini tentu akan memberikan kelebihan tersendiri bagi pihak pemilik blog.

5. Manfaat Blog Untuk Bisnis Terakhir: Membantu Meningkatkan Kredibilitas

blog tentang bisnis online
blog tentang bisnis online (source: pixabay.com)

Blog hadir sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan kredibilitas dari pemilik blog bisnis tersebut. Adanya blog bisnis dengan konten yang baik serta tampilan menarik tentu akan meningkatkan kepecayaan para calon pelanggan.

Ini akan memiliki dampak besar, utamanya dari transaksi yang mungkin dapat meningkat seiring dengan meningkatnya kepercayaan terhadap blog tersebut. Wah, ternyata dampaknya cukup besar, bukan?

Cara Mengelola Blog Dalam Manfaat Blog Untuk Bisnis

Setelah tahu manfaatnya, sekarang kita bahas cara mengelola blog bisnis online. Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengelola blog dengan efektif. Simak tips berikut ini!

1. Ketahui Target Pasar yang Akan Dijadikan Sasaran

cara buat blog bisnis online
cara buat blog bisnis online (source: pixabay.com)

Langkah pertama, kamu harus tahu siapa target pasar yang ingin dijangkau. Mengetahui target pasar adalah langkah awal sebelum melakukan langkah-langkah selanjutnya. Dengan mengetahui target pasar, kamu bisa membuat strategi konten yang tepat.

2. Buatlah Rancangan Blog Sesuai Target Pasar

cara membuat blog bisnis online
cara membuat blog bisnis online (source: pixabay.com)

Setelah tahu target pasar, mulailah merencanakan blog. Perencanaan ini nggak cuma soal konten, tapi juga tampilan blog. Target pasar jadi acuan utama dalam perencanaan blog.

Sesuaikan tampilan dan konten blog dengan preferensi target pasar. Misalnya, jika target pasar adalah anak muda, buat tampilan yang trendy dan konten yang sesuai dengan minat mereka.

3. Buatlah Konten yang Menarik

membuat blog bisnis online gratis
membuat blog bisnis online gratis (source: pixabay.com)

Kesimpulan Manfaat Blog Untuk Bisnis

Mengelola blog bisnis online memang butuh usaha, tapi hasilnya sepadan. Blog bisa jadi alat yang efektif untuk terhubung dengan pelanggan, meningkatkan kredibilitas, dan mempromosikan produk dengan biaya rendah.

Ingat, kunci sukses mengelola blog adalah mengetahui target pasar, membuat konten menarik, dan terus melakukan optimasi serta promosi. Semoga tips di atas membantu kamu mengelola blog bisnis online dengan lebih baik. Selamat mencoba!

Baca Sekarang

Tips Merekrut Tim Bisnis yang Solid

Membangun bisnis itu seru, tapi juga penuh tantangan. Ketika bisnis mulai berkembang, pemilik yang awalnya bekerja sendiri atau berdua mulai merasakan kebutuhan untuk memiliki tim. Nah, merekrut orang baru untuk tim bisnis bisa menjadi langkah penting yang tidak bisa sembarangan. Kalau salah pilih, bisa rugi besar! Yuk, simak tips ampuh untuk merekrut tim bisnis yang solid di bawah ini

Tips Ampuh Merekrut Tim Bisnis yang Solid

Tips Merekrut Tim Bisnis

1. Tips Merekrut Tim Bisnis Pertama: Identifikasi Posisi yang Dibutuhkan

Pertama-tama, tentukan posisi apa saja yang dibutuhkan. Misalnya, kamu butuh orang untuk urusan SEO, pemasaran, programming, atau akunting. Cari orang yang memiliki keahlian yang tidak dimiliki anggota tim lainnya. Jadi, tim kamu akan menjadi lebih komplet dan kuat.

Selain itu, tentukan juga apakah posisi tersebut butuh pegawai kontrak atau tetap. Sesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan bisnismu. Kalau anggaran terbatas, mungkin pegawai kontrak bisa menjadi solusi sementara.

2. Lakukan Wawancara dengan Tepat

Wawancara itu bukan sekadar ngobrol-ngobrol santai. Kamu harus punya strategi agar bisa mendapatkan orang yang tepat. Salah pilih pegawai bisa membuat bisnismu rugi besar, mulai dari biaya pelatihan ulang, keluhan klien, hingga waktu dan tenaga untuk rekrut ulang.

Cari kandidat yang punya visi dan passion yang sama dengan bisnismu. Misalnya, kalau bisnismu bergerak di bidang teknologi, pastikan calon pegawai juga suka dan paham tentang teknologi. Selain itu, keahlian calon pegawai juga penting. Jangan hanya percaya pada apa yang tertulis di CV, tanyakan juga pencapaian yang pernah mereka raih berdasarkan keahlian tersebut.

3. Fleksibilitas adalah Kunci

Bisnis seringkali mengalami perubahan strategi. Kamu perlu orang yang bisa mengikuti perubahan dan adaptif. Pilih pegawai yang bisa mengikuti perubahan dan tidak terganggu dengan strategi bisnis baru. Mereka harus bisa bekerja di lingkungan yang dinamis dan siap menerima tantangan baru setiap saat.

4. Cari yang Punya Jiwa Wirausaha

Merintis bisnis penuh risiko. Kamu butuh orang yang siap menghadapi risiko-risiko tersebut dan punya jiwa wirausaha. Mereka biasanya memiliki ide-ide baru dan inovatif untuk perusahaan.

Saat wawancara, coba berikan pertanyaan contoh kasus yang relevan. Lihat bagaimana mereka mengatasinya dan apakah solusinya sesuai dengan visi perusahaan. Ini bisa menjadi indikator apakah mereka cocok untuk tim bisnismu atau tidak.

5. Rasa Ingin Tahu dan Mau Belajar

Kamu pasti ingin tim yang tidak hanya bisa menerima instruksi, tapi juga punya kemauan untuk belajar. Orang yang punya rasa ingin tahu biasanya lebih kreatif dan inovatif. Mereka akan terus mencari cara baru untuk meningkatkan performa perusahaan.

Mintalah calon pegawai untuk bertanya di akhir wawancara. Semakin cerdas pertanyaan yang diajukan, semakin besar kemungkinan mereka punya rasa ingin tahu yang tinggi dan kemauan belajar.

Yuk Buruan Daftar!

Jangan Lupa Pelatihan dan Pengembangan Karier

Membangun tim bisnis yang solid tidak berhenti setelah proses rekrutmen. Kamu juga perlu memberikan pelatihan atau pengembangan karier untuk karyawan. Sesekali, adakan acara di luar kantor untuk mempererat hubungan antar karyawan. Ini penting untuk menciptakan tim yang kompak dan solid.

Kesimpulan Tips Merekrut Tim Bisnis

Membangun tim bisnis yang solid memang butuh usaha ekstra, tapi hasilnya pasti sepadan. Dengan tim yang tepat, bisnismu bisa berkembang lebih cepat dan sukses di masa depan. Jangan lupa untuk terus mengevaluasi dan mengembangkan strategi rekrutmen sesuai dengan perkembangan bisnis dan kebutuhan pasar.

Semoga tips dari Moota di atas bisa membantu kamu dalam merekrut tim bisnis yang solid dan bisa membawa perusahaanmu ke level selanjutnya. Selamat mencoba dan sukses selalu!

Baca Sekarang

Strategi Promosi untuk Milenial

Seiring perkembangan zaman, minat konsumen terhadap produk berubah dengan cepat, terutama di kalangan generasi milenial. Generasi ini dikenal konsumtif dan menjadi target utama para produsen yang ingin meraih keuntungan besar. Tapi, untuk menarik perhatian dan kepercayaan mereka, kamu perlu strategi promosi yang tepat. Yuk, simak strategi promosi yang bisa kamu terapkan untuk membidik generasi milenial!

Strategi promosi bisnis yang tepat untuk kalangan milenial memang harus disiapkan sematang mungkin. Tujuannya adalah untuk membuat mereka semakin tertarik hingga membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan. Apa saja tahapan promosinya? berikut penjelasannya:

1. Strategi Promosi Milenial Pertama: Tampilkan Citra Positif pada Brand

Strategi Promosi Milenial
promosi era millennial (source: pixabay.com)

Kalangan milenial tidak bisa lepas dari gawai dan media sosial. Sebelum mereka memutuskan untuk membeli sebuah produk, mereka akan lebih dulu mencari tahu citra dari brand sebagai bahan pertimbangan.

Biasanya, mereka melihat ulasan di media sosial atau menanyakan langsung kepada teman atau saudara yang sudah menggunakan produk tersebut. Dengan kata lain, para konsumen milenial ini masih mengandalkan metode word of mouth sebelum mereka memutuskan untuk menggunakan sebuah produk.

Jika pengelola brand dapat memberikan citra baik yang membuat para calon konsumen percaya, maka dengan sendirinya kepercayaan dan loyalitas dari generasi milenial akan didapatkan dengan mudah.

2. Melibatkan Influencer yang Dekat dengan Target Konsumen

Strategi Promosi Milenial
bisnis milenial 2020 (source: elements.envato.com)

Dalam memutuskan untuk menggunakan sebuah produk, kaum milenial juga mempertimbangkan rekomendasi dari para idola mereka. Melibatkan seorang influencer yang memiliki banyak pengagum sebagai bagian dari strategi promosi bisnis sekarang memang sudah umum.

Tentunya influencer tidak akan sulit menawarkan produk ke para pengikutnya. Namun, pemilihan influencer juga harus tepat, mana yang cocok dengan target pasar dan memiliki karakter yang mirip sesuai dengan brand yang akan dipasarkan.

3. Jangan Menawarkan Secara Langsung

bisnis milenial menjanjikan (source: pixabay.com)

Generasi milenial kebanyakan merasa jengah dan kesal terhadap penawaran produk yang bersifat langsung. Contohnya, iklan produk yang mengajak mereka untuk membeli sebuah produk secara terang-terangan dan terus-menerus. Bukannya tertarik, mereka justru akan membenci produk yang ditawarkan tersebut.

karna Milenial cenderung jengah dengan penawaran produk yang terlalu terang-terangan. Misalnya, iklan yang terus-menerus mengajak beli produk secara langsung bisa bikin mereka ilfeel. Sebaiknya, buat konten iklan yang mengajak mereka terlibat secara emosional tanpa sadar kalau itu iklan.

4. Bidik Komunitas, Bukan Perorangan

bisnis ala milenial (source: pixabay.com)

Menargetkan pasar berdasarkan rentang usia udah nggak relevan lagi. Sekarang, lebih efektif kalau kamu membidik komunitas atau kelompok sosial tertentu. Misalnya, komunitas pencinta binatang, komunitas olahraga, atau komunitas film. Dengan cara ini, pemasaran kamu bisa lebih fokus dan mudah berkembang karena komunitas biasanya punya pengaruh yang besar di antara anggotanya.

Dengan cara ini, fokus pemasaran akan semakin mengarah dan tentunya mudah untuk dikembangkan.

5. Strategi Promosi Milenial Terkahir: Aplikasikan Sistem Cashless

bisnis online untuk anak milenial (source: pixabay.com)

Generasi milenial peduli dengan isu lingkungan dan tanggung jawab sosial. Pastikan brand kamu juga peduli dengan hal ini. Gunakan bahan ramah lingkungan, dukung komunitas lokal, atau adakan kampanye sosial yang relevan. Hal ini bisa meningkatkan citra brand kamu di mata mereka dan membuat mereka lebih loyal.

Dengan strategi-strategi di atas, kamu bisa lebih mudah menggaet generasi milenial yang terkenal konsumtif tapi juga selektif. Ingat, kuncinya adalah memahami mereka, memberikan pengalaman yang personal, dan selalu mengikuti tren yang berkembang.

Adanya berbagai macam sistem pembayaran secara online lewat gawai memang membuat para milenial merasa praktis. Apalagi, dengan banyaknya promo diskon dan cashback yang ditawarkan jika menggunakan aplikasi pembayaran online, sudah pasti mereka akan berbelanja lebih banyak.

Baca Sekarang

Tips Menghindari Penipuan Jual Beli Online

Zaman semakin canggih, membuat segala urusan menjadi semakin mudah, termasuk dalam urusan berbelanja. Belanja online sekarang sudah menjadi rutinitas yang tidak bisa dihindari. Toko online semakin menjamur. Hal ini secara tidak langsung menciptakan ruang bagi kejahatan baru, yaitu penipuan online.

tips menghindari penipuan

Sebenarnya, menghindari penipuan belanja online tidak sulit. Ada banyak cara sederhana yang bisa Anda terapkan untuk mengetahui apakah toko online itu jujur atau penipu. Yuk, kita bahas 7 tips sederhana yang bisa Anda terapkan untuk menghindari penipuan belanja online.

List Tips Menghindari Penipuan

1. Tips Menghindari Penipuan Pertama: Reputasi Penjual

perhatikan reputasi toko
perhatikan reputasi toko (source: pixabay.com)

Sebelum mulai berbelanja di sebuah toko online, ada baiknya Anda cek reputasi toko tersebut. Lihat testimoni dari pembeli sebelumnya atau cari tahu siapa saja yang pernah berbelanja di sana. Untuk toko online baru, tentu akan sulit mencari reputasinya. Maka dari itu, Anda perlu menerapkan tips selanjutnya.

2. Pastikan Alamat dan Identitas Penjual Jelas

tips menghindari penipuan
pastikan alamat toko jelas (source: elements.envato.com)

Ini sangat penting. Meski mereka berjualan secara online, setiap toko pasti punya alamat fisik. Kalau tokonya masih baru, Anda bisa melacak alamatnya. Apakah memang benar ada toko dengan nama itu di lokasi tersebut? Biasanya, toko online tepercaya juga menyediakan jasa COD (Cash on Delivery). Jadi, Anda bisa bertemu dan melihat barangnya langsung.

Untuk yang berada di daerah lain, bagaimana cara melacaknya? Sangat mudah! Gunakan Google Maps. Saat ini hampir semua wilayah sudah terekam di Google, jadi tidak sulit mencari alamat. Anda juga bisa bertanya kepada teman atau kenalan yang kebetulan berada di daerah tersebut.

3. Utamakan Rekber

Jasa rekening bersama atau rekber juga bisa menjadi opsi untuk menghindari penipuan belanja online. Bagi yang belum tahu, rekber adalah jasa orang ketiga yang bertindak sebagai perantara. Jadi, Anda transfer uang ke rekening bersama dulu, setelah itu barang dikirim. Begitu barang sampai, barulah pihak rekber mentransfer uang ke rekening penjual.

Jika Anda ragu mentransfer langsung, Anda bisa meminta penjual menggunakan rekening bersama. Biasanya, toko online tepercaya selalu punya lapak di marketplace ternama seperti Bukalapak, Tokopedia, atau Shopee. Anda bisa menggunakan jasa rekber dari salah satu marketplace tersebut.

4. Minta Nomor Resi Pengiriman

selalu minta nomor resi pengiriman
selalu minta nomor resi pengiriman (source: elements.envato.com)

Setelah barang dikirim, pastikan untuk meminta nomor resi. Ini bertujuan untuk melacak pengiriman. Jika nomor resi benar, maka barang akan terlacak paling tidak 1x24 jam setelah barang dikirim. Dengan begitu, Anda bisa memastikan barang dalam perjalanan dan tiba tepat waktu.

5. Bertanya pada Kerabat

tanyakan kepada pembeli yang sudah pernah belanja
tanyakan kepada pembeli yang sudah pernah belanja (source: elements.envato.com)

Masih bingung? Tips selanjutnya adalah bertanya kepada kerabat. Tanya kepada kenalan Anda, terutama jika mereka sering belanja online. Mereka biasa berbelanja di mana? Apakah aman? Rekomendasi dari kenalan Anda tentu lebih bisa dipercaya daripada sekadar testimoni online.

6. Minta Foto Realtime

tips menghindari penipuan
tanyakan dan minta foto secara langsung (source: elements.envato.com)

Mintalah foto realtime kepada penjual. Bukan bermaksud curiga, tapi hanya untuk berjaga-jaga. Penjual yang baik tentu akan memberikan foto realtime atau kalaupun menolak, mereka akan memberikan alasan yang masuk akal. Foto realtime bisa jadi acuan bahwa penjual tersebut benar-benar memiliki barang yang ingin Anda beli.

7. Tips Menghindari Penipuan Terakhir: Jangan Terlalu Percaya Testimoni

tips menghindari penipuan
jangan terlalu percaya pada testimoni (source: elements.envato.com)

Terakhir, jangan terlalu percaya pada testimoni. Memang benar, cara mengetahui reputasi adalah dengan melihat testimoni, tetapi tidak semua testimoni benar. Ada saja pelanggan nakal yang sengaja memalsukan testimoni. Untuk itu, lakukan cara lain di atas agar Anda lebih yakin sebelum berbelanja.

Data dan Fakta Belanja Online di 2024

Menurut data dari Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) pada tahun 2024, sekitar 60% konsumen Indonesia lebih memilih berbelanja online daripada offline. Kemudahan akses dan berbagai promosi menarik menjadi alasan utama. Namun, dengan meningkatnya aktivitas belanja online, kasus penipuan juga meningkat. Pada tahun 2024, tercatat peningkatan kasus penipuan online sebesar 20% dibandingkan tahun sebelumnya. Fakta ini menunjukkan bahwa kehati-hatian dalam berbelanja online sangat diperlukan.

Menghindari penipuan belanja online sebenarnya cukup mudah jika kita teliti dan berhati-hati. Selalu perhatikan reputasi toko, pastikan alamat dan identitas penjual jelas, dan gunakan jasa rekening bersama jika perlu. Selain itu, mintalah nomor resi pengiriman, bertanya kepada kerabat, dan minta foto realtime barang yang akan dibeli. Jangan terlalu percaya pada testimoni, terutama jika terlihat terlalu sempurna.

Belanja online memang memudahkan banyak hal, tetapi kita harus tetap waspada agar tidak menjadi korban penipuan. Dengan mengikuti tips di atas, Anda bisa menikmati belanja online dengan aman dan nyaman. Selamat berbelanja!

Baca Sekarang

5 Trik Meningkatkan Penjualan Toko Online

Ingin meningkatkan penjualan toko online Anda? Temukan Trik Meningkatkan Penjualan yang dapat membantu Anda meraih omzet yang lebih tinggi. Dari menentukan target pasar yang tepat hingga memberikan pelayanan terbaik, kami hadirkan tips-tips terkini untuk sukses berjualan online di tahun 2024.

Siapa pun yang punya bisnis online pasti mau omzet terus naik. Tapi, kenyataannya sering kali angka penjualan bisa naik-turun. Salah satu kuncinya adalah dengan bikin strategi pemasaran yang mantap buat toko online kamu.

Jadi, gak cuma buat bisnis online baru, buat yang udah lama pun harus terus perhatiin persentase pengunjung di situsnya. Makanya, kita bakal bahas trik-trik jitu yang bisa bantu kamu naikin penjualan di toko online kamu.

1. Trik Meningkatkan Penjualan Pertama: Tentukan Target Pasar yang Sesuai

Trik Meningkatkan Penjualan
tentukan target market bisnis (source: elements.envato.com)

Kamu mesti tahu nih, bedanya jualan offline sama online. Kalau jualan offline, kita nawarin produk ke siapa aja yang mampir ke toko kita. Tapi kalau online, kita bisa tentuin target pasar dari berbagai wilayah sekaligus.

Ini penting banget buat kemajuan bisnis kamu. Kalau kamu gak tahu target pasar kamu, bisnis kamu bakal kesulitan berkembang.

Nah, untuk tentuin target pasar toko online kamu, lihat aja jenis produk dan harganya. Dari situ, kamu bisa atur jenis promosi yang pas buat bisnis kamu.

Misalnya, kalau kamu jual baju gamis dengan harga terjangkau di bawah Rp 150.000, kamu bisa promosiin di media sosial dengan target pasar kayak anak kuliahan, kantoran, atau ibu rumah tangga.

2. Trik Meningkatkan Penjualan Kedua: Memiliki Website dan Blog yang Menarik

Trik Meningkatkan Penjualan
website menarik untuk bisnis (source: elements.envato.com)

Dengan banyaknya perangkat yang dipake konsumen seperti smartphone, tablet, dan laptop, punya website itu penting banget buat naikin penjualan toko online kamu. Lewat website, konsumen bisa dengan mudah lihat produk kamu dan bisa langsung berinteraksi, jadi peluang buat dapet pesanan juga lebih besar.

Tampilan website juga jadi faktor penting buat tarik perhatian calon konsumen. Bikin website atau blog yang menarik dan mudah dimengerti. Tampilan website juga harus sesuai dengan brand atau toko online kamu.

Jangan lupa kasih informasi lengkap tentang produk, cara beli, pembayaran, dan cara kontak langsung ke pemilik toko, supaya konsumen yang bingung bisa tanya-tanya langsung. Ini bikin toko online kamu jadi lebih kredibel dan dipercaya konsumen.

Yang juga penting, kamu harus rajin update hal baru biar website kamu tetap hidup. Misalnya, promosiin produk baru atau tulis artikel-artikel menarik buat tarik pengunjung yang kemungkinan bakal beli produk di toko kamu.

3.Maksimalkan Media Sosial untuk Beriklan

Trik Meningkatkan Penjualan
gunakan sosial media untuk iklan (source: elements.envato.com)

Kita semua tahu, sekarang orang gampang cari produk yang mereka mau lewat media sosial. Nah, ini peluang buat kamu buat bikin akun media sosial khusus buat toko kamu. Tingkatkan hubungan dengan konsumen lewat media sosial dengan konten tulisan, foto, dan video kreatif tentang produk kamu.

Berbagai platform media sosial yang lagi ngehits sekarang bisa kamu manfaatin buat bangun hubungan sama target pasar kamu. Media sosial ini jadi tempat kamu aktif beriklan dan berkomunikasi dengan konsumen.

4. Berikan Promo Menarik

Trik Meningkatkan Penjualan
beri voucher promo untuk konsumen (source: elements.envato.com)

Siapa sih yang gak suka dapet promo atau diskon?

Masukin tips ini ke dalam strategi pemasaran di toko online kamu. Promo kayak begini bisa bikin minat konsumen baru dan juga bikin konsumen lama balik lagi belanja. Tujuannya adalah buat jualan cepat buat produk yang kamu jual.

Tapi, sebelum kasih promo, pastiin dulu kamu udah hitung-hitungannya ya. Jangan sampe karena pengen jualan banyak, malah bikin rugi bisnis kamu.

Misalnya, kamu bisa kasih promo buat produk lama yang belum laku. Ini biar produk lama bisa terjual dan jadi modal buat beli produk baru.

5. Trik Meningkatkan Penjualan Terakhir Berikan Pelayanan yang Terbaik

Trik Meningkatkan Penjualan
berikan pelayanan terbaik dari toko online (source: elements.envato.com)

Kalau konsumen puas sama toko online kamu, kemungkinan besar mereka bakal beli lagi di toko kamu. Makanya, perhatiin banget cara kamu layanin konsumen buat jaga kesetiaan mereka.

Ini bisa kamu lakukan dengan perhatiin interaksi sama konsumen. Kalau mereka tanya, kamu jawab dengan cepat tanpa nungguin chat yang numpuk. Kalau merasa gak sanggup handle chat banyak dari konsumen, lebih baik sediain admin atau customer service buat respon yang cepat dan konsumen gak bakal pergi dari toko kamu.

Tunjukin selalu pelayanan yang ramah, responsif, dan bertanggung jawab biar konsumen nyaman belanja di toko online kamu. Lakukan juga komunikasi after-sales dengan cari tahu feedback dari konsumen yang udah belanja di toko kamu, biar kamu tahu kekurangan produk yang kamu jual dan bisa diperbaiki.

Jadi, itu dia 5 trik penting dari moota.co yang bisa bantu naikin penjualan di toko online kamu. Ingat, jualan itu gak cuma soal kuantitas produk yang terjual, tapi juga soal kualitas produk dan pelayanan yang kamu kasih. Yuk, terus inovasi dan kembangkan strategi pemasaran kamu sampai kamu tahu cara paling efektif buat jualan di toko online kamu!

Baca Sekarang

8 Alasan kenapa kamu harus menggunakan Contact form

Halo sobat Moota, Sebagai pemilik bisnis online, tentu ada beberapa cara agar kalian bisa berkomunikasi langsung dengan calon pelanggan atau pelanggan setia mu, Salah satunya adalah dengan menggunakan Contact Form. Ingin tahu kenapa kamu harus menggunakannya di dalam website bisnis kamu? Tenang aja, Karena pada artikel kali ini Kita akan bahas 8 Alasan kenapa kamu harus menggunakan Contact Form sebagai media komunikasi kamu dengan pelanggan kamu. Simak sampai habis ya!

- Apa sih Contact form itu?

Contact Form atau dalam bahasa indonesia adalah Formulir Kontak mungkin terlihat seperti bagian yang nggak penting buat website bisnis kamu.

Namun setelah mengetahui beberapa manfaatnya, Mungkin kamu akan terkejut akan efeknya bagi bisnis kamu dan akan mempertimbangkan untuk mulai menggunakannya.

Terus, Apa itu contact form? Contact Form adalah cara sederhana bagi pengunjung situs kamu untuk menghubungi kamu. Dengan formulir ini, Kamu bisa mengumpulkan informasi kontak, memperoleh keuntungan perolehan prospek untuk calon pelanggan, Bahkan agar memiliki koneksi dengan Audiens kamu.

Seseorang akan mulai untuk mengisi data kontak dimulai dari Nama, Email, dan No.Telp, Kemudian kamu akan menerima sebuah pesan langsung ke alamat email kamu. Namun, Gimana cara tersebut bisa bermanfaat buat kamu? Berikut adalah beberapa Alasannya!

- Kenapa harus menggunakan Contact Form? Apa manfaatnya untuk kebutuhan Bisnis?

Menggunakan Formulir kontak untuk situs website kamu adalah cara termudah bagi pengunjung untuk dapat terkomunikasi langsung dengan kamu. Ini juga dapat memudahkan kamu untuk mengumpulkan informasi kontak alamat email pelanggan kamu sehingga kamu dapat dengan mudah mengembangkan daftar email kamu.

Contact form juga memiliki beberapa manfaat yang signifikan bagi perkembangan bisnis kamu. Diantaranya adalah :

  1. Perlindungan dari Spam: Spambot sering mengumpulkan alamat email dari situs web. Dengan contact form, Anda dapat menghindari spam dan menjaga kotak masuk Anda bersih.
  1. Efisiensi Waktu: Contact form memudahkan pengunjung mengirim pesan dan memberikan informasi kontak. Anda dapat mengirimkan konfirmasi atau pesan terima kasih secara otomatis, menghemat waktu Kamu dan pengunjung.
  1. Organisasi Informasi: Data yang masuk melalui contact form dapat diatur dengan baik. Anda tidak perlu memasukkan detail kontak secara manual ke dalam sistem CRM Kamu.
  1. Menghasilkan Prospek: Dengan contact form, Anda dapat mengumpulkan lebih banyak informasi dari prospek Anda sebelum berinteraksi lebih lanjut dengan pelanggan.
  1. Melacak Pesan: Di dunia yang serba digital dan terhubung dengan internet ini, Pengunjung pasti menginginkan jawaban yang cepat. Ketika pengunjung mengisi formulir kontak, Maka kamu akan segera mendapatkan notifikasi dan kamu bisa memberikan respons dengan cepat.
  2. Mendapat Kepercayaan pelanggan: Pelanggan pasti membutuhkan kepercayaan, Jika para pengunjung tidak mendapatkan kepercayaan dari konten-konten yang kamu sajikan, mungkin saja konten-konten yang baru saja kamu bagikan hanya menjadi spam bagi mereka. Formulir kontak dapat membantu proses untuk membangun hubungan antar kamu dan pelanggan. Sebagai timbal baliknya, Pelanggan tersebut akan memiliki kepercayaan yang besar nantinya. Jika kamu tidak membangun hubungan ini, Kamu hanyalah sebuah pemilik website tanpa wajah.
  3. Ketahui apa yang pelanggan kamu butuhkan:
    Kamu bisa mendapatkan apa yang mereka mau dikarenakan pelanggan sendiri yang akan bilang langsung kebutuhannya. Tentu untuk seorang pemilik bisnis, Kamu tidak ingin melewatkan kesempatan ini kan?
  4. Izinkan mereka mengirimkan sebuah konten secara langsung:
    Dengan formulir kontak, tentunya kamu akan melihat beberapa dari pengunjung kamu akan mengirimkan konten seperti konten blog, testimoni dan lainnya yang bisa saja menguntungkan untuk bisnis kamu.

Penutup

Setelah melihat dampak baik dari Contact form untuk situs kamu, pastinya kamu akan mempertimbangkan kembali pemanfaatan Halaman ini untuk bisnis kamu. Cara mudah untuk komunikasi dengan pengunjungmu kini menjadi lebih mudah dan kelancaran bisnis kamu jadi lancar. Sekian dari artikel kali ini, Semoga bermanfaat buat kamu ya sob.

Salam Cuan.

Baca Sekarang

Landing Page: Manfaatnya Untuk Bisnis

Pentingkah Landing Page untuk Bisnis? Tentu saja, optimalkan peluang bisnis dengan menjangkau pelanggan lebih luas menggunakan website page. Nah, karena itu kali ini kita akan membahas tentang apa itu dan manfaatnya untuk bisnis. Yuk, simak baik-baik!

Landing Page

1. Pengertian

Dalam dunia bisnis, landing page yang berdiri sendiri ini adalah halaman web yang kampanye pemasaran atau periklanan khususnya membuatnya. Fokus inilah yang membuat website page menjadi opsi terbaik untuk meningkatkan tingkat konversi kampanye pemasaran Anda dan menurunkan biaya untuk memperoleh prospek atau penjualan.

2. Mengapa Sebuah Brand Perlu Membuat Landing Page

Membuat website page bisa meningkatkan persentase kesuksesan bisnis. Di era modern ini, sudah seharusnya sebuah brand memiliki page sendiri. website page penting bagi brand untuk menjangkau dunia digital, khususnya pasar milenial atau Gen-Z. Berikut ini adalah alasan kenapa kita harus memiliki website page:

  • Membuat bisnis kita terlihat profesional dan kredibel
  • Meningkatkan conversion rate
  • Landing page memiliki satu tujuan yang spesifik untuk dapat meningkatkan conversion rate.

3. Manfaat Dalam Bisnis

Ada beberapa manfaat website page dalam bisnis, khususnya bisnis online. Berikut ini kami rangkumkan untuk kamu:

  1. Meningkatkan Tingkat Konversi: Semakin banyak pengunjung yang mengakses landing page, semakin besar pula peluang untuk terjadi konversi penjualan.
  2. Meningkatkan Lalu Lintas (Traffic) Website: Dengan adanya landing page, traffic website Anda bisa meningkat.
  3. Mendapatkan Data Calon Pelanggan: Landing page bisa digunakan untuk mendapatkan data calon pelanggan, seperti email atau nomor telepon.
  4. Sebagai Media Promosi yang Efektif: Landing page bisa digunakan sebagai media promosi yang efektif untuk produk atau jasa Anda.

Nah, itulah pengertian dan manfaat website page untuk bisnis. Semoga bermanfaat dan membuat bisnis Anda semakin sukses. Selamat mencoba, Sobat Cuan!

4. Cara Membuat

Membuat website page yang efektif bukanlah hal yang mudah. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

  1. Gunakan Judul yang Menarik: Judul adalah hal pertama yang dilihat oleh pengunjung. Oleh karena itu, gunakan judul yang menarik dan mampu menggambarkan produk atau jasa Anda dengan baik.
  2. Tampilkan Ulasan atau Testimoni Pelanggan: Ulasan atau testimoni pelanggan bisa meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap produk atau jasa Anda.
  3. Gunakan Desain yang Menarik: Desain landing page harus menarik dan mudah dipahami oleh pengunjung. Gunakan warna dan font yang sesuai dengan brand Anda.
  4. Sertakan Call to Action (CTA) yang Jelas: CTA adalah instruksi yang diberikan kepada pengunjung untuk melakukan tindakan tertentu, seperti “Beli Sekarang” atau “Daftar Sekarang”. Pastikan CTA Anda jelas dan mudah ditemukan oleh pengunjung.

5. Kesimpulan

Dengan website page, Anda bisa meningkatkan tingkat konversi, lalu lintas website, mendapatkan data calon pelanggan, dan sebagai media promosi yang efektif. Oleh karena itu, sudah seharusnya sebuah brand memiliki website sendiri. dan jangan lupa pantau semua penjualan dengan cek mutasi banknya pakai Moota.co Selamat mencoba, Sobat Cuan!

Baca Sekarang
1 2 3 33
hello world!
Moota merupakan aplikasi untuk pengecekkan mutasi dan saldo rekening Anda, dimana mutasi rekening Anda kami dapatkan dari akun iBanking Anda.
Office
Jl. Sunda, No 85, Kel. Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40112
Workshop
Jl Terusan Cikutra Baru No. 3B Kel. Neglasari Kec. Cibeunying Kaler Bandung
Download Moota di
2024 © All rights reserved
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram